Apa itu Backlink dan Mengapa Backlink Penting untuk SEO?

Apa itu Backlink dan Mengapa Backlink Penting untuk SEO

Dalam dunia SEO (Search Engine Optimazion) backlink merupakan salah satu faktor terpenting untuk kesuksesan peringkat sebuah situs. Apa itu backlink dan mengapa backlinks penting untuk SEO?

Inilah yang menjadi alasan ada banyak perusahaan penyedia Jasa Backlink di luaran sana.

Untuk lebih jelas, begini ceritanya, hohoho…

Ya.. Mesin pencari terbesar dunia seperti Google, dalam menentukan peringkat situs salah satunya melalui sinyal kualitas dan kuantitas backlink. Strategi backlink yang solid adalah kunci keberhasilan optimasi SEO.

Dan ketahuilah, jika bisnis Anda tidak memiliki strategi SEO, itu artinya Anda mengabaikan sumber utama potensi pelanggan. Karena faktanya 93% aktivitas online dimulai dari mesin pencari.

Bukan hanya itu, backlink bukan hanya sekadar alat SEO! Mereka adalah fitur mendasar dari web yang menjadikan web sebagai media yang kuat untuk berbagi konten, ide, gagasan dan membuat sumber daya itu dapat ditemukan secara global.

Jika Anda pelaku bisnis online yang mempunyai rencana membangun strategi digital marketing melalui SEO, jelas Anda akan berhubungan dengan istilah SEO Off Page. Itu adalah tentang cara mencari sumber backlink.

Untuk itu kami akan menjawab beberapa pertanyaan mendasar terkait;

  • Apa itu backlink?
  • Mengapa backlink penting?
  • Bagaimana cara kerja backlink?
  • Apa saja jenis backlink?

Gambaran umum backlink

Fakta selanjutnya yang perlu Anda ketahui; “Backlink adalah apa yang membuat web menjadi web”. OMG!..

Tanpa tautan antar halaman web, website tidak bisa disebut sebagai website. Ia hanya menjadi semacam repositori dokumen yang terisolasi. Ckck..

Tautan/link memungkinkan pengguna untuk tidak hanya menemukan konten terkait. Dalam SEO ia juga merupakan sarana pendukung yang bertindak untuk membedakan konten terbaik dari kompetisi rendah, rata-rata, atau tinggi.

Fakta lainnya, Google memberlakukan backlink antar halaman web menjadi faktor unik untuk menentukan mana situs penting dan tidak penting. Melalui ini kemudian mereka mampu mengklasifikasi dan menentukan peringkat sebuah situs.

Ini yang kemudian memisahkan Google dari mesin pencari yang bersaing di tahun 90an. Dimana Google mampu memberi jawaban pada pengguna melalui halaman pencari dalam bentuk link yang mengarahkan pengguna ke situs paling relevant.

Pengguna selalu mendapat jawab atas setiap pertanyaan yang diketik pada kotak halaman pencarian, berupa deretan situs dengan konten paling relevan.

Kemampuan Google menyuguhkan jawaban yang relevan pada pengguna, membuatnya mampu mendominasi pesaing. Dan itu membuat mereka bertumbuh seperti sekarang ini. Yakni menjadi sebuah platform yang berfungsi sebagai tempat untuk mencari apa yang manusia cari.

Pentingnya sebuah ‘tautan’ tidak ada nilai tawar. Tidak bisa didiskon! Karena ia menawarkan berbagai manfaat hebat berikut ini:

  • Meningkatkan peringkat situs
  • Pengindeksan lebih cepat
  • Memberi Lalu Lintas Rujukan
  • Tautan adalah jembatan bagi robot mesin pencari untuk merayapi dan memahami konten setiap website.

Oke.. mari kita langsung saja memulai…

Apa itu Backlink?

Backlink adalah tautan dari satu halaman situs web ke situs Anda. Makanya, backlink juga sering disebut sebagai inbound links (IBL’s) bahasa kita Indonesia; tautan masuk.

Jadi logikanya, tautan apa pun dari situs eksternal bisa disebut sebagai backlink.

Inilah yang membedakan sebuah website dari rekan-rekan aslinya. Meskipun ada beberapa cara aplikasi dapat ‘terhubung’ ke aplikasi eksternal, namun kemampuan ini terbatas dan cenderung eksklusif.

Sejak awal, fungsi menautkan antara halaman dan situs adalah fitur bawaan kelas web. Di sinilah platform mendapatkan nama web. Karena, melambangkan bagaimana konten terhubung sebagai jaringan kompleks halaman yang berbeda untuk membuat jaringan konten yang kuat.

Anda sudah mulai mendapat gambaran sekarang, link/tautan dapat dikatakan sebagai fitur paling penting dari sebuah web. Karena, mereka menghubungkan halaman, membuat jalur semacam peta untuk mengarahkan pengguna menemukan konten terkait. Link juga dapat digunakan untuk memberikan akses langsung ke konten antar halaman dalam di sebuah situs web.

Alex Russell dari Google menyebut link adalah kekuatan super web.

Fakta terbuka lagi tentang betapa petingnya Link itu.

Jika sebelumnya Anda sebagai pengguna internet dan berselancar dari satu halaman ke halaman lain, lalu meloncat ke situs lainnya, itu artinya Anda sedang menikmati fungsi kekuatan super dari ‘link’ tersebut.

Ini penting! Karena berbagi URL adalah perilaku proto-sosial. Inilah kemudian yang memungkinkan sebuah situs menyebar dan berkembang, dan fakta selanjut, inilah yang kemudian merubah system kehidupan sosial peradaban manusia hingga ke titik saat ini. ERA DIGITAL. REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Alex Russel bahkan menyamakan tautan adalah bentuk keuntungan yang menjadikan web sebagai faktor pembeda yang hebat. Yang kemudian meningkatkan Aplikasi Web Progresif di atas mitra asli yang hanya  berbentuk dokumentasi semata.

Jadi, dapat disebut website tanpa link, sama dengan dokumentasi yang tersimpan di perpustakaan. Menunggu orang datang untuk dibaca. Namun kenyataannya saat ini, sebagian besar orang sudah beralih ke kehidupan digital. Yang terhubung satu dengan lainnya melalui “LINK”

“Bagi link nya dhong kaka” hohoho….

Saya jadi ingat kata-kata diatas. Jika Anda tahu maksud saya, maka ikut tertawalah. Begitu indahnya dunia digital ini.

Untuk menavigasi ke suatu konten dalam sebuah aplikasi, pengguna terlebih dahulu harus membuka aplikasi yang memungkinkan untuk menemukan konten. Dan… hyperlink menyediakan akses langsung ke konten atau halaman arahan tertentu di situs web.

Fakta sederhana.. Anda berada dihalaman ini saat ini, masuk melalui jalur tentu. Dan itu melalui sebuah LINK!… Hmmm…

Akses langsung ini MENGURANGI proses yang mungkin dialami pengguna yang mencoba menemukan jawaban atas pertanyaan mereka, produk yang ingin mereka beli atau bagaimana menghubungi seseorang untuk membantu.

Demikian juga dengan Anda saat ini. Mungkin diawali oleh ide tentang bagaimana untuk menjual secara online, yang kemudian diarahkan bahwa perlunya situs untuk di optimasi agar mendapat peringkat di halaman Google. Lalu entah bagaimana caranya, jadi tahu tentang SEO. Lalu tahu bahwa backlink merupakan salah satu kebutuhan untuk itu. Akhirnya mendaratlah Anda di halaman ini.

FAKTA.. tentang Anda telah beselancar kesana kemari. Dan itu melalui sarana bernama LINK.

Jika Anda pemasar, ini berarti LINK dapat membantu Anda secara langsung untuk dapat mempromosikan penawaran spesifik dalam meningkatkan prospek atau penjualan. AMAZING…

Mengapa Backlink Penting?

Dulu, diawal pendiaran Google, Larry Page dan Sergey Brin selaku pendiri, menciptakan platform yang mereka akui terdapat bentuk kelemahan di mesin pencari saat itu. Dimana tidak menggunakan tautan sebagai metrik untuk dihargai dalam menentukan peringkat hasil pencarian.

Ini membuat kesulitan tersendiri. Tidak hanya soal bagaimana menemukan konten yang cocok, mesin pencari milik mereka juga tidak mampu memberikan hasil berdasarkan penilaian manusia.

Jadi, kedua pendiri Google tersebut kemudian memutar otak. Bagaimana agar memberi peringkat untuk hasil pencarian bersandar pada suara yang diberikan melalui sumber eksternal. Dan sumber eksternal tersebut adalah backlink!

Ketika sebuah halaman situs terhubung ke halaman lain dari faktor eksternal dalam bentuk link, itu dinilai sebagai referensi. Dimana asumsinya dianggap sebagai sebuah kualitas dan otoritas.

Tautan bukan hanya sekedar sinyal yang digunakan Google untuk memberi peringkat halaman web, mereka juga merupakan sumber lalu lintas.

Fakta, tautan di halaman populer diklik. Karena memiliki banyak lalu lintas, sebagian akan diteruskan ke halaman yang diarahkan melalui link tersebut.

Inilah yang kemudian menjadi dasar ide link atau backlink diasumsikan sebagai nilai. Bentuk suara untuk halaman yang memberi sinyal otoritas sekaligus mengarahkan lalu lintas.

Fakta! Tidak ada sebuah situs atau halaman tertentu mendapat tautan secara gratis, jika tidak benar-benar ada yang penting sehingga membuat orang-orang secara sukarela merujuk/merekomendasikan/mengarahkan pengguna dari konten mereka melalui sebuah link.

Tercerahkan…

Kualitas Backlink

Jika Anda ingin meningkatkan peringat situs Anda, selain faktor kualitas konten (yang pada dasarnya semua orang bisa buat juga), Anda harus mendapat suara dari faktor eksternal. Sehingga situs Anda dianggap penting, berkualitas dan otoritatif.

Apakah dititik ini kita sudah sepakat, bahwa; suara itu adalah backlink?

Tapi masalahnya, tidak sesederhana itu juga. Jika hanya sekedar backlink, Anda bisa ‘nakal’ dengan membuat banyak blog versi gratisan yang tersedia dari berbagai layanan flatform diluaran sana. Lalu membuat link yang mengarah ke situs Anda. Anda otomatis mendapat banyak backlink bukan? Bahkan dengan cara ini Anda bisa membuat backlink sebanyak yang Anda mau.

Dan jika ide nya begitu, semua orang juga bisa. Betul? Dan sebelum Anda melakukannya, itu sudah dilakukan orang-orang. Bahkan jauh sebelumnya.

Kasus seperti ini pernah terjadi. Sehingga Google kembali menyempurnakan sistem algoritmanya. Dengan mengklasifikasikan backlink dari berbagai faktor.

Antara satu backlink dengan yang lain, nilainya tidak sama. Sangat tergantung dari mana sumber backlink itu berasal.

Volume backlink dan ‘kualitas’ sumber backlink adalah kombinasi yang menentukan nilai dalam standar peringkat mesin pencari.

Meskipun backlink bukan satu-satunya faktor yang digunakan Google dan Bing untuk memberi peringkat hasil pencarian, namun ini tetap menjadi sinyal yang sangat berharga.

Volume backlink atau jumlah tautan adalah indikasi pentingnya atau popularitas sebuah situs. Ini membuat tautan penting untuk strategi SEO. Karena Google dan Bing memberikan lebih banyak kredit point ke halaman dengan lebih banyak tautan masuk. Yang tentunya berkualitas.

Bukan hanya sekedar volume

Seperti sudah disinggung diatas, volume backlink bukan satu-satunya faktor penentu, kualitas sumber tautan juga penting.

Situs web dan halaman yang lebih populer atau lebih berkualitas dianggap lebih relevan daripada yang lain. Popularitas atau kualitas ini mengalir ke situs target. Para pakar SEO menyebutnya ini ekuitas tautan. Atau juga dikenal dengan istilah JUICE LINK.

Sumber Backlink

Dukungan dari family, saudara, ayah, ibu, adik, kakak, untuk diri Anda, mungkin adalah hal biasa dalam kehidupan sosial. Itu mungkin memberi pengaruh kondisi emosi Anda. Tapi itu tidak akan memberi pengaruh besar dalam hal otoritas Anda di kehidupan bermasyarakat yang lebih luas.

Anda butuh suara dari yang mampu merubah opini berbagai lapisan masyarakat. Agar di anggap penting dan memiliki otoritas. MIRIP POLITIK.. Hohoho..

Anda butuh sosok yang berpengaruh untuk memberi suara. Agar peringkat/otoritas Anda semakin kuat di kehidupan sosial.

Maka akan berbeda, jika lurah yang memberi suara atau rekomendasi tentang Anda. Dan akan jauh berbeda jika Presiden yang memuji Anda di depan khalayak ramai. Nilainya akan berbeda jika dibandingkan orang biasa-biasa saja.

Inilah gambaran nilai backlink itu.

Anda butuh backlink berkualitas dari situs resmi di bidang bisnis yang Anda geluti.

Jika Anda mencoba menjadikan situs Anda sebagai sumber otoritas untuk sepeda motor, tautan dari situs web Harley-Davidson lebih berharga daripada tautan dari Web Perternakan dan pertanian.

Bukan berarti Anda harus menolak tautan Web Perternakan, itu tetap ada nilainya, hanya saja tidak sebanyak yang anda harapkan.

Agar sumber backlink dianggap berkualitas lebih tinggi, ia juga harus memiliki profil backlink yang baik, dll.

Gagasannya di sini adalah tentang nilai tautan dari sumber atau lingkungan berkualitas.

Mereka memberikan relevansi atau kredibilitas ke situs Anda. Ini kemudian dapat meningkatkan kualitas situs Anda dan posisi di mesin pencari.

Atribut backlink lain yang digunakan untuk optimasi mesin pencari adalah teks jangkar (anchor text) atau teks yang dibungkus oleh tag jangkar.

Teks ini memberikan sinyal atau konteks konten yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengklasifikasikan nilai dan makna sebuah tautan.

Contoh: Jasa Backlink PBN ini adalah bentuk link dengan teks jangkar “Jasa backlink PBN

Jadi jika Anda mencoba peringkat untuk kata kunci ‘Jasa Backlink PBN’ Anda harus mendapatkan backlink dari situs luar yang mengarah ke halaman situs Anda. Dan itu seharusnya dalam bentuk link dengan anchor text ‘Jasa Backlink PBN’.

Karena backlink adalah sumber otoritas, ini juga menyebabkan munculnya istilah backlink follow dan no-follow. Status No-follow bisa jadi tetap mendapat nilai, tapi kecil. Karena ini semacam pesan bahwa pembuatan tautan tidak ingin memberi nilai pada yang ditautkan.

Jadi perlu diingat, Anda harus mendapatkan backlink dalam bentuk anchor teks yang bersifat follow.

Backlink Follow vs No Follow

Otoritas bukan satu-satunya nilai yang ditawarkan backlink, ada faktor teknis yang perlu dipertimbangkan juga. Untuk mencegah penyalahgunaan, komunitas mesin pencari membuat konsep tautan dofollow dan nofollow.

Sekarang situs web dapat menandai hyperlink dalam bentuk No Follow untuk memberi sinyal pada mesin pencari agar tidak menghitung tautan dalam peringkat pencarian.

Sumber tautan situs umum menandai tautan sebagai No-Follow ketika pengguna membuat konten seperti komentar artikel dan posting forum. Ini terjadi karena, karena administrator situs cenderung tidak memiliki kontrol editorial atas konten yang dibuat pengguna, mereka tidak dapat ‘mempercayai’ maksud tautan.

Tautan No Follow masih berupa backlink, hanya saja tidak memiliki banyak kekuatan untuk SEO. Juice Link nya kurang berasa hohoho…

Secara default hyperlink adalah tautan ‘follow’. Jadi ketika Anda membuat tautan dari konten situs tanpa perintah no follow maka itu akan dianggap sebagai follow.

Saat mencari tautan untuk SEO, Anda harus memprioritaskan sumber yang memberi backlink follow. Tetapi jangan juga diabaikan jika ada sumber no follow. Masih ada kekuatan yang tersedia dari tautan ini. Jika pun nilainya kecil, mereka dapat menjadi faktor sumber lalu lintas gratis. Anjay juga kan?

Anatomi Backlink

Di markup halaman Anda, sebuah tautan berupa jangkar tag (a) dengan atribut ‘href’. Nilai href adalah URL atau alamat halaman yang ditunjuk oleh tautan.

<a href=”{backlink}”> {Anchor Text} </a>

Teks atau konten yang dibungkus oleh tag jangkar disebut anchor text. Gambar juga dapat digunakan untuk menautkan ke halaman tertentu.

Seperti yang sudah dibahas di atas, untuk membuat tautan tidak diikuti Anda dapat menambahkan atribut rel = “nofollow”.

<a href=”{backlink}” rel=”nofollow”> {Anchor Text} </a>

Jika Anda mendalami strategi SEO dan pengembangan situs, Anda mungkin akan akrab dengan teknik membuat backlink seperti ini. Jika tidak, biarlah itu menjadi pekerjaan kami sebagai penyedia Jasa Backlink Profesional.

Backlink External vs Internal

Backlink dari tautan eksternal atau hyperlink, itu yang datang dari satu situs web ke situs web lainnya.

Tapi dalam dunia SEO Anda juga tidak boleh mengabaikan tautan internal. Ini masih dianggap backlink, tetapi mereka menghubungkan halaman dalam situs web atau domain yang sama.

Berita baiknya adalah Google menggunakan jenis tautan ini untuk memberikan ekuitas tautan di sekitar situs dan untuk panduan kontekstual.

Dan berita terbaiknya lagi adalah; Anda memegang control penuh teks jangkar dan konten di sekitarnya untuk membantu mesin pencari lebih memahami cara mengklasifikasikan target tautan.

Jika pun nantinya, Anda menggunakan layanan Jasa backlink murah dari kami untuk mendapatkan sumber tautan ekternal, strategi membangun tautan internal juga sangat penting. Anda harus melakukannya, untuk hasil yang maksimal.

Dalam standar SEO untuk penautan internal itu dapat dilakukan dengan menyusun struktur konten Anda sehingga terkait, konten yang relevan secara topikal saling terhubung. Ini dikenal sebagai pilar SEO atau strategi silo.

Baca tulisan menarik berikut ini:

Dan coba kembali lihat dari atas kebawah tulisan ini, Anda akan melihat fakta bahwa saya telah membuat tautan ke beberapa halaman. Baik dalam situs ini maupun ke situs eksternal. Di sepanjang artikel ini.

Membuat Backlink

Sejauh ini, saya telah memberi gambaran kekuatan backlink untuk SEO.

Jadi bagaimana tepatnya Anda bisa mendapatkan backlink?

Ini adalah pertanyaan ajaib, tetapi tidak ada jawaban ‘ajaib’. Dibutuhkan, banyak kerja keras. Dibutuhkan kombinasi konten dan jangkauan yang luar biasa. Dibutuhkan pengalaman untuk menghindari kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *